Rabu, 25 Juli 2018

Fungsi dan Manfaat Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Fungsi dan Manfaat Keanekaragaman Hayati di Indonesia - Keanekaragaman hayati di Indonesia menjadi sebuah karunia yang sangat besar karena mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat banyak untuk Kita sebagai manusia. Berdasarkan dari segi biodiversitas, letak geografis Indonesia sangat diuntungkan yang menyebabkan banyaknya flora dan fauna menyebar di seluruh Indonesia. Maka dari itu perlu dimanfaatkannya keanekaragaman hayati di Indonesia ini untuk kelangsungan hidup manusia. Berikut uraian dan penjelasan mengenai fungsi dan manfaat keanekaragaman hayati di berbagai bidang.

fungsi keanekaragaman hayati



#1 Berfungsi sebagai sumber pangan

Untuk melakukan aktivitas sehari-hari, manusia membutuhkan energi yang banyak. Untuk itu manusia memerlukan karbohidrat untuk mendapatkan energi. Makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia adalah beras yang berasal dari padi. Ini merupakan salah satu manfaat dari keanekaragaman hayati. Berikut beberapa bahan makanan yang dapat dijadikan sumber pangan baik dari hewan maupun tumbuhan:

Bahan pangan suumber karbohidrat: padi, jagung, ubi, talas, dan sagu.
Bahan pangan sumber protein: kedelai, ikan, daging sapi, udang, kepiting.
Bahan pangan sayur-sayuran: sawi, kangkung, katuk, kacang panjang, buncis, bayam, kol.
Bahan pangan buah-buahan: rambutan, mangga, durian, manggis, sirsak.
Bahan pangan umbi-umbian: jahe, lengkuas, temu lawak, wortel.
Bahan pangan rempah-rempah: ketumbar, pala, merica, cengkih.


#2 Berfungsi sebagai sumber obat-obatan

Indonesia memiliki tiga puluh ribu jenis tanaman, dan seribu diantaranya merupakan tanaman obat-obatan. Dengan teknologi dan pabrik yang ada, tanaman ini dapat dijadikan obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti kumis kucing untuk obat diabetes, mengkudu untuk obat darah tinggi, keji beling untuk obat batu ginjal, lidah buaya untuk kesehatan rambut.

Dari berbagai macam hewan yang hidup di Indonesia, juga dapat dijadikan obat herbal yang manjur seperti ular untuk obat gatal, cacing tanah untuk obat typus, kelelawar untuk obat asma.


#3 Berfungsi sebagai sumber kosmetik

Di era modern ini, kosmetik merupakan sebuah kebutuhan wanita. Bahan kosmetik biasanya terbuat dari campuran antara zat sintetik dengan tumbuhan bahkan hewan. Contohnya ekstak bunga mawar, melati, dan kemuning untuk parfum, bengkoang untuk lulur, minyak urang aring untuk pelumas rambut, kemiri untuk melebatkan dan menghitamkan rambut, muntahan ikan paus (ambergris) untuk minyak wangi.


#4 Berfungsi sebagai sumber sandang

Sandang merupakan kebutuhan primer manusia yang wajib dipenuhi sebagai manusia yang selayaknya. Hewan dan tumbuhan merupakan bahan sandang yang banyak dipakai oleh kebanyakan orang. Meskipun sekarang ini muncul bahan sintetik yang lebih murah menggantikan bahan hewan maupun tumbuan, tetapi masih ada produk sandang yang memakai bahan alami seperti:

Kulit hewan: jaket, ikat pinggang, dompet, sepatu, dn tas.
ulat sutera: kain sutera.
rambut domba: jaket wol.
kapas: kain dan bahan pakaian.
bulu burung: aksesoris pakaian wanita.


#5 Berfungsi sebagai sumber papan


Sebagaian besar bahan untuk membuat rumah adalah kayu, meskipun sekarang ini ada yang menggunakan baja ringan yang lebih terjangkau. Pemanfaatan kayu untuk rumah biasanya dijadikan pintu, jendela, kursi,meja,kusen, reng, tiang, plat atap, dan lan-lain. Kayu yang dipilh merupakan kayu yang keras, kuat, dan bertahan cukup lama sampai bertahun-tahun. Misalnya kayu jati untuk pintu atau jendela, kayu pohon kelapa untuk reng, kayu meranti untuk usuk rumah. Ada pula yang menggunakan bambu dan palem dalam pembuatan rumah dan juga alang-alang atau ijuk aren untuka atap rumah.


#6 Berfungsi sebagai sumber pendapatan

Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia dimanfaatkan menjadi sumber penghasilan dengan mengelolanya dengan baik.  Contohnya saja pohon karet dengan pohon ribuan hektar dapat dijual getah karetnya. Beberapa pekerjaan yang memanfaatkan bagian dari tumbuhan misalnya petani karet, padi, jagung, dan sayuran. Selain hewan yang ada dapat dimanfaatkan oleh para peternak seperti contohnya sapi dan kambing diambil daging dan susunya untuk dijual. Makhluk hidup di laut pun juga bisa dijadikan sumber pendapatan bagi para nelayan semisal ikan tongkol, udang, kepiting, dan rumput laut.


#7 Sebagai aspek budaya

Kaitannya dengan budaya, Indonesia sangat kental sekali budaya dari berbagai macam suku dan etnis. Dalam beberapa suku budaya masih melaksanakan ritual upacara tertentu dan seringkali memanfaatkan berbagai macam tumbuhan dan hewan baik untuk sesaji ataupun yang lainnya. Contohnya upacara ngaben di Bali yang banyak jenis tumbuhan dalam ritual upacaranya. Masyarakat Jawa menggunakan bunga mawar, melati, dan kanthil untuk nyekar atau ziarah makam. Umat islam menggunakan hewan ternak seperti sapi, kambing, onta, kerbau untuk peringatan Hari Raya Idhul Adha.

Demikian beberap fungsi dan manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan. Sebagai manusia sepatutnya Kita tidak boleh serakah dan tetap menjaga kelestarian keanekaragaman hayati yang ada.


EmoticonEmoticon